PEMBINAAN FORUM KEWASPADAAN DINI MASYARAKAT (FKDM) KAPANEWON SLEMAN

Terjadinya potensi konflik dalam masyarakat yang majemuk adalah sebuah keniscayaan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menjaga dan memeliara kewaspadaan dini guna cegah dini berbagai potensi konflik di  lingkungan masyarakat adalah dengan membentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) . Senin, 18 April 2022 dilaksanakan kegiatan Pembinaan FKDM Kapanewon Sleman bertempat di Pendopo Kapanewon Sleman. Kegiatan dihadiri oleh anggota FKDM, perwakilan tokoh masyarakat, serta jogoboyo dari masing – masing kalurahan se-Kapanewon Sleman.

Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Panewu Sleman Bpk Suyanto, S.Sos, M.M. Dalam sambutannya beliau menekankan pentingnya pencegaan konflik dengan melakukan deteksi dini, “Tokoh masyarakat maupun pemangku agama memiliki peran penting untuk dapat mendeteksi dan mengidentifikasi kondisi yang ada di masyarakat, lebih baik mencegah daripada mengobati”. Kerugian yang disebabkan oleh konflik dapat diminimalisir dengan adanya cegah dini maupun deteksi dini. Dilanjutkan dengan perkenalan oleh ketua FKDM Kapanewon Sleman Bpk Heri Sarjono, beliau memperkenalkan susunan pengurus FKDM Kapanewon Sleman periode 2019 – 2024. Sesi berikutnya adalah pemaparan materi oleh Kepala Subbidang Kewaspadaan Nasional Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sleman Bpk Budi Arto, S.IP, MAP.

FKDM sebagai wadah toko masyarakat berperan melakukan deteksi dini dan cegah dini potensi konflik sosial di masyarakat. Deteksi dini dan cegah dini dapat dilakukan dengan :

  • Memfasilitasi peningkatan kapasitas masyarakat yang rentan konflik.
  • Membangaun mekanisme peringatan dini yang memungkinkan setiap institusi memonitor hubungan inter-state, inter-society
  • Membangaun atau mengembangkan mekanisme institusional untuk mencegah intensitas eskalasi konflik.

Kegiatan diakhiri dengan diskusi terkait kondisi yang berpotensi memunculkan konflik pada wilayah masing – masing kalurahan.

About kecamatan.sleman 163 Articles
Kecamatan Sleman berada di utara Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, jarak yang ditempuh dari pusat kota menuju kecamatan sleman sejauh 15 km yang ditempuh dengan waktu kuranglebih 35 menit,Kecamatan Sleman merupakan Ibukota Kabupaten Sleman yang mana luas wilayahnya 30,44 km dengan jumlah 5 Kalurahan, 83 Padukuhan 483 RT dan 209 RW.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*